7 Bahan Jendela yang Umum Digunakan Saat Ini

Salah satu hal yang penting dalam pembangunan rumah adalah memilih jendela yang terbaik untuk rumah. Hal ini karena material yang kurang tepat dapat menimbulkan berbagai masalah baru untuk rumah, mulai dari mudah rusak, kebocoran, dan berbagai masalah lainnya. Selain itu jendela merupakan bagian dari rumah yang akan dipakai dalam jangka waktu lama, sehingga pemilihan material yang tepat terasa sangat penting.

Kali ini kami akan membantu kamu untuk menemukan jenis material yang tepat untuk rumah kamu.

Material Jendela Rumah

1. Kayu

Pertama yang kami rekomendasikan adalah jendela berbahan dasar kayu, di mana joker123 gaming jendela ini bisa memberikan rumah tampilan yang alami dan modern. Material ini mudah untuk dibentuk dan memiliki banyak pilihan desain. Tapi sebelum kamu memilih kayu sebagai bahan jendela ada baiknya untuk memilih kualitas kayu yang akan tahan lama dan tidak mudah keropos.

Selain itu, kayu merupakan bahan yang mudah di cat atau didekorasi, sehingga bisa menyesuaikan dengan konsep rumah. Kayu tidak dapat menghantarkan panas seperti bahan lain, sehingga bisa membuat rumah sejuk.

2. Aluminium

Berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Aluminium, di mana material ini sudah banyak dipakai pada rumah modern. Tidak butuh banyak perawatan untuk jendela jenis Aluminium, karena bahannya kuat dan bisa menopang kaca dengan ukuran besar. Saat ini memang banyak rumah modern yang memiliki jendela dengan ukuran besar, jadi dibutuhkan material yang kuat untuk menahannya.

3. UPVC

Unplasticized Poly Vinyl Chloride atau UPVC adalah bahan alternatif kayu yang kini semakin banyak digunakan untuk menjadi bahan kusen. Dibadningkan dengan PVC yang tidak tahan lama, UPVC lebih tahan berbagai kondisi cuaca dan bahannya pun lebih tebal. Saat ini UPVC di Indonesia semakin dikenal dengan baik, di mana memberikan kesan mewah, kuat, dan bahkan dapat meredam suara dengan baik. Sayangnya, model dari jenis jendela ini masih terbatas dan tidak sebanyak jendela kayu.

4. Fiberglass

Fiberglass merupakan bentuk serat kaca dari kaca cair yang sengaja ditarik untuk menjadi serat tipis kuat. Ini juga menjadi alasan kenapa fiberglass dikenal sebagai plastik yang diperkuat dengan serat kaca. Biasanya serat kaca akan diratakan menjadi lembaran, lalu disusun secara acak, setelah itu ditenun menjadi kain. Jendela ini mendapatkan banyak perhatian beberapa tahun terakhir karena tahan lama dan hanya membutuhkan sedikit perawatan.

5. Wood-clad

Wood-clad dan jendela berlapis kayu akan memberikan tampilan jendela kayu yang menarik, namun hanya membutuhkan perawatan minim. Jendela kayu solid ini pada bagian luarnya dilapisi dengan aluminium atau fiberglass, ini merupakan dua bahan yang digabungkan dalam membuat jendela yang lebih baik dan juga tahan akan berbagai cuaca. Banyak yang menggunakan Wood-clad sebagai desain interior, karena tampilannya bagus dan modern.

6. Composite

Mungkin masih jarang orang yang mengenal Composite, di mana bahan ini terbuat dari kombinasi antara kayu, logam, dan vinil. Jendela yang menggunkaan bahan komposit ini memberikan aspek yang baik untuk membuat produk menjadi lebih kuat. Composite bisa menjadi produk terbaik dari berbagai bahan jendela yang ada, namun sayangnya harga dari bahan ini mahal jika dibandingkan dengan bahan lain.

7. Baja

Terakhir yang akan kami bahas adalah jenis baha, di mana bahan ini terkenal karena kokoh dan kuat. Namun, karena harganya yang mahal ini membuat logam dibuat menjadi lebih tipis untuk kusen jendela, jadi jendela akan mudah penyok dan rusak. Sebelum membeli, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu mengenai spesifikasi dari produk.

Nah, itulah beberapa bahan yang biasa digunakan pada jendela. Jadi mana yang paling cocok untuk rumah kamu?